You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Lamajang
Desa Lamajang

KEC. Pangalengan, KAB. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Kode Pos : 40378 email : desalamajang2005@gmail.com

Malam kreasi seni memperingati 74th indonesia merdeka

08 Oktober 2019 Dibaca 864 Kali
Malam kreasi seni memperingati 74th indonesia merdeka

SETIAP tanggal 17 Agustus, masyarakat di seluruh Indonesia selalu memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai upacara digelar untuk memperingati tanggal proklamasi pertama kali dibacakan. Selain itu, perayaan 17 Agustus juga dimeriahkan dengan lomba-lomba di antaranya panjat pinang, balap karung, hingga makan kerupuk.

Demi membuat para peserta lomba semangat, biasanya para panitia menyediakan bermacam hadiah untuk peserta yang menjuarai perlombaan tersebut. Hal ini membuat banyak orang ikut berpartisipasi dalam acara perayaan 17 Agustus tersebut.

Merayakan hari kemerdekaan merupakan tanda syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan anugerah kemerdekaan setelah sekian lama Negeri ini dalam kekuasan penjajahan. Tidak lupa bentuk perayaan ini sebagai tanda penghormatan kita selaku penerus bangsa kepada pahlawan yang telah terlibat dalam aksi memerdekakan negara tercinta ini. Selain mereka yang sudah gugur, tanda penghormatan ini juga diberikan kepada para peteran perang yang masih hidup sampai sekarang.

Semua perayaan yang digelar oleh rakyat Indonesia untuk menyambut Hari Kemerdekaan tentu memiliki banyak makna dan manfaat yang mungkin belum kita sadari sepenuhnya. Tak hanya sebuah perayaan yang usai dilakukan lantas dilupakan begitu saja. Melalui berbagai perayaan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, seakan kita diajak untuk kembali ke masa lalu di kala untuk pertama kalinya naskah proklamasi diproklamasikan oleh Bungkarno dan Bunghatta.

Manfaat Perayaan Hari Kemerdekaan

Nah berikut ini beberapa manfaat perayaan hari kemerdekaan yang jarang sekali kita sadari sebelumnya :

  1. Bersyukur
    Dengan perayaan Hari Kemerdekaan membuat kita belajar bersyukur. Bagaimana tidak, saat ini kita hidup jauh lebih baik dari masa lalu. Kemerdekaan merupakan hasil perjuangan para pahlawan pendahulu yang telah berhasil merebutnya dari tangah penjajah. Coba bayangkan kalau saat ini Indonesia belum merdeka. Dengan bersyukur kepada Allah atas nikmat kemerdekaan yang bisa kita rasakan sampai detik ini, semoga negeri ini semakin lebih baik.
  2. Nasionalisme
    Melalui berbagai perayaan, yakni aneka perlombaan, doa di malam jelang 17 Agustus, dan upacara bendera semakin membuat masyarakat untuk mencintai tanah airnya. Semua perayaan diperuntukkan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, tentu dengan berpartisipasi merayakannya berarti kita pun mencintai tanah air dan semangat nasionalisme kian terpelihara.
  3. Bersatu dalam keberagaman
    Melalui perayaan Hari Kemerdekaan tersebut, kita juga dapat melihat betapa seluruh rakyat Indonesia, dengan budaya, adat istiadat, dan suku yang berbeda-beda bisa bersatu. Mereka yang berbeda-beda tersebut bisa bersatu merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Hal ini tentu menjadi pelajaran untuk kita, bahwa dengan semangat kemerdekaan meski dilatarbelakangi keberagaman, seluruh rakyat bisa bersatu. Tentunya, dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman ini.
  4. Menghargai jasa pahlawan
    Kemerdekaan Indonesia adalah perjuangan para pahlawan. Dari perayaan Hari Kemerdekaan yang disambut seluruh rakyat Indonesia tersebut, betapa kemerdekaan telah mengubah rakyat Indonesia sampai seperti sekarang ini. Tentu dari sini, kita patut kembali mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa Indonesia yang kini kita nikmati.
  5. Kebersamaan
    Merayakan dan memperingati Hari Kemerdekaan dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh warga. Kebersamaan ini terasa mulai rapat persiapan aneka perayaan, kerjabakti membersihkan kampung, saat lomba, karnaval, saat berdoa di malam menjelang tanggal 17 Agustus, hingga upacara bendera. Semua warga bersama-sama menyambut Hari Kemerdekaan dengan penuh semangat dan bahagia. Hal inilah yang patut untuk senantiasa dijaga, sehingga kerukunan dan keakraban warga kian terpupuk.
  6. Meningkatkan rasa persaudaraan yang tinggiDengan kita merayakan hari kemerdekaan, tanpa kita sadari kita telah mempererat tali persaudaraan kita antar sesama bangsa. Banyak sekali contoh yang terjadi dilapangan yang memberi bukti bahwa tali persaudaran selama kita merayakan hari kemerdekaan ini, terjalin dengan begitu baik dan harmonis.

Didesa Lamajang meski terlambat peringatan 17 agustus tahun ini diadakan secara meriah.dengan mengambil lokasi di rw 16 yg diyakini lokasinya strategis dicapai oleh semua rw yang ada di desa Lamajang..antusias seluruh warga desa Lamajang suguh luar biasa.dengan mengirimkan perwakilannya dari setiap rw untuk pentas seni menambah semarak acara malam kreasi seni memperingati 17 agustus tahun ini.alhamdulilah acara yang di gelar dua malam bisa berjalan lancar..semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi.ucapan terima kasih dari bapak kepala desa Lamajang kepada seluruh warganya yang telah ikut partisipasi dalam acara malam kresi seni.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image